02 Juni 2016

10 Cara Menulis Kreatif

Assalamualaikum 

menulis itu udah jadi bagian dari aktivitas manusia sejak anak-anak. gimana tidak? sejak pra sekolah, sudah mulai diajarkan membaca, menulis, dan berhitung secara sederhana

lalu kapan bisa diajarkan menulis kreatif? bagaimana cara asyik melatih mereka? disini akan dijelaskan secara singkat sesuai buku sumber yang aku temukan.

1. mengajak anak mengoleksi kosa kata lebih banyak lagi
caranya dimulai dari yang terdekat dengan diri anak, yaitu fungsi pancaindra. mulai dari mata, hidung, lidah, telinga, dll. tanyakan fungsi-fungsi tersebut pada anak dan biarkan mereka menjawab lewat tulisan. ingat! usahan menjawab dengan pulpen yang tak bisa dihapus. ini sekalian melatih anak untuk percaya diri terhadap apa yang ditulisnya. jika ada beberapa kesalahan jawaban, guru diminta untuk mengarahkannya ke jawaban yang tepat.



2. setelah mengenal pancaindra, pertanyaan lebih di khususkan lagi. yaitu perihal fungsi organ-organ dalam tubuh. seperti paru-paru, jantung, lambung, hati, usus, dll. cara menjawabnya menggunakan cara yang sama dengan point pertama. tapi karena ini lebih khusus, maka pasti jawabannya panjang-panjang. diharapkan untuk memberikan pada anak sedikit demi sedikit agar anak tidak kelelahan menulis.

3. menulis nama anggota keluarga
anak diajak menulis nama panggilan anggota keluarganya dalam pohon silsilah, ini keluarga besar yaa. dan mengajak anak menulis nama orang-orang di luar lingkup keluarga yang mereka kenal ke dalam bentuk-bentuk unik sesuka hati mereka dalam menggambarkan orang tersebut. misal: nama asisten rumah tangga ke dalam bentuk sapu yang sering dipegang si asisten.
jangan lupa ingatkan anak untuk menulis dgn huruf kapital di awal jika menulis nama orang 

4. ini hampir mirip dengan point ketiga. menulis nama orang-orang terdekat yang tidak ada hubungan keluarga. misal daftar nama guru, daftar nama teman sekolah, daftar nama tetangga. ini melatih anak untuk peduli terhadap lingkungan mereka
jangan lupa ingatkan anak untuk menulis dgn huruf kapital di awal jika menulis nama orang 

5. menulis tempat yang pernah mereka kunjungi
tulis tempat wisata atau kota yang pernah anak datangi. untuk lebih membuatnya semangat, menulisnya tidak lagi di kertas putih. melainkan di kertas origami yang berwarna warni.
jangan lupa ingatkan anak untuk menulis dgn huruf kapital di awal jika menulis nama kota/daerah 

6. membaca atau mendengarkan cerita
ajak anak untuk membaca cerita anak yang bisa mereka pilih di perpustakaan. atau ajak anak mendengarkan para guru bercerita dengan berbagai peragaan atau mimik yang pas. setelah kedua kegiatan itu, pancing anak untuk berkomentar perihal cerita tadi. kalau belum mampu, beri pertanyaan sederhana tentang cerita itu. misal siapa tokohnya, apa yang dilakukan, bagaimana perasaannya jika terjadi hal yang sama dengan cerita, bagaimana penyelesaian yang dilakukan tokoh utama, dll

7. buat balon ide
ajak anak membuat 5 lingkaran kecil yang mengelilingi 1 lingkaran besar di sebuah kertas. tambahkan sebuah gambar persegi panjang di bagian paling bawah. lalu ini akan diisi apa?
balon paling besar di tengah diisi untuk judul yang akan mereka buat, 5 balon kecil untuk diisi jawaban dari 5W+1H. misal: mengapa anak memilih judul itu, apa yang akan anak tulis, siapa tokoh yang ada di dalamnya, dimana lokasi terjadinya isi cerita, bagaimana jalan cerita yang akan mereka tulis, kapan terjadinya kejadian dalam cerita, dll.

8. latihan merangkai huruf menjadi kata yang bermakna
beberapa huruf jika ditulis bersamaan akan menjadi kata, tapi belum tentu kata itu bermakna. misal: acba = baca atau anmdi = mandi. latihlah anak beberapa rangkaian huruf lain, agar dia bisa menemukan kata bermakna yang tersembunyi.

9. membedakan kata sesuai jenisnya
karena sudah dilatih kata bermakna, maka ajak anak untuk menggolongkannya. kata benda, kata kerja, kata sifat, kata bilangan, kata depan, kata ganti orang, kata majemuk, kata ulang, kata serapan, dan kata kiasan.

10. mulai mengarang!
sodorkan beberapa gambar dan ajak anak menuliskan beberapa kalimat sesuai gambar yang ia lihat. ingat panduan 5W+1H. misal:





semoga menjadi penyemangat bagi anak-anak Indonesia. agar lebih kreatif lagi!

Wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar