06 Juni 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Pawai Ramadhan

Assalamualaikum...

sebenarnya ini kejadian udah dari 3 hari yang lalu, tepatnya tanggal 3 Juni 2016. hari itu juga pas dengan hari terakhir sekolah di semester genap ini.

kalau yang lalu ada pawai muharram sebagai menyambut tahun baru Islam, ternyata di sekolah ini juga ada Pawai Ramadhan. kalau pawai muharram harus bikin spanduk dan bawa kado, kali ini dipersingkat saja karena udah hari akhir semester.

kartu ucapan tetap yang buat guru dengan modal dari sekolah. pihak sekolah membeli kurma sekardus, plastik hias, dan pita pengikat. kebetulan saya yang diberi tanggung jawab sebagai pembuat kartu ucapan.


nih saya tunjukan desainnya hehehe
 ini sisi luar kertas
dan ini sisi dalam kertas. jadi printnya dua kali depan belakang. menggunakan kertas bufalo yang diplong di ujung atasnya.

Jumat itu kami masih berbaris dan berdoa, bahkan sempat senam sebentar. lalu diajak satu persatu kelompok kelas untuk keluar memakai sepatu. ini dilakukan agar tidak ada keributan saat memakai sepatu. keuntungannya bisa menata anak-anak untuk masuk barisan.

TK A di depan karena membawa spanduk buatan guru yang agak besar. adek PG di tengah. dan kakak TK B di belakang. sebelum berjalan, anak-anak diberikan parcel kurma mini tadi dan setiap bertemu orang di jalan, mereka diajak untuk berbagi kurma miliknya.

biasanya seusia mereka, barang yang sudah dipegang itu bisa diklaim miliknya sendiri. mereka yang punya ego tinggi biasanya malah tak rela untuk dipinjam barang sedikit pun. tapi anak-anak sekolah kami yang subhanallah, mereka malah gembira miliknya habis duluan karena diberikan ke orang lain.

karena murid banyak yang tak hadir, jadilah masih banyak pacel kurma yang sisa. akhirnya sisanya dibagikan ke murid-murid TK A dan TK B. kenapa adek PG tidak? karena mereka keburu pulang hehehe

setelah semua murid sudah pulang, seorang guru berkata "loh yaa.. kita keluapaan, biasanya hari terakhir sekolah ada maaf2an.. ini tadi ada wali murid yang tanya"

semua beralasan khilaf karena capek habis jalan keliling perumahan. ternyata tradisi di hari terakhir sekolah ada salam-salaman antara murid dengan para guru.. ohh gitu

perlu diingat!
tradisi salam-salaman:
perpisahan wali murid
pelepasan TK B
hari trakhir sekolah SMT genap
Hari terakhir pondok ramadhan 

Wassalamualaikum...  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar