04 Juni 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Pelepasan Dan Pentas Seni

Assalamualaikum..
Alhamdulillah.. kami sukses menggelar acara pelepasan TK B dan pentas seni TK A tanggal 28 Mei 2016 di sebuah aula SMK 3 Perkapalan Sidoarjo. Acara dimulai pada pukul 07.00, jadi kami para guru standby dari pukul 06.00. dan ternyata sayalah yang pertama kali datang, membuka pintu dan menyalakan lampu ruangan.

bagian registrasi dan pembagian konsumsi orang tua, kami dibantu oleh POMS [persatuan orang tua murid sekolah] jadi sedikit meringankan pekerjaan kami. tahun ini, meja registrasi dibagi menjadi dua. yaitu TK B dari dua cabang sekolah. dan PG & TK A dari dua cabang sekolah juga. dibedakan karena konsumsi wali murid tk B mendapat dua. dan konsumsi tk A hanya dapat satu.

[mc us ita & us aida, operator us iis]
sebelum dimulai, guru yang bertugas mc dan operator berselfie dulu nih. acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan terjemahan dari anak2 TK B dua cabang sekaligus.
[tilawah: rafa'at, mirza terjemah: nadin, cinta, ariel]
lalu dilanjut dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars sekolah
[dirigen: us lila]
lalu sambutan ketua yayasan dan sambutan dari wali murid dari cabang sekolah 2. gak lama lalu di tutup dengan doa yang dipimpin oleh salah satu wali murid cabang sekolah 1.
[sambutan wali murid: bunda aliyah; doa: ayah sahal]
lalu dilanjut dengan prosesi wisuda. satu persatu anak dipanggil maju dengan iringan piano dari operator musik. anak-anak dibagi menjadi tiga baris. masing-masing baris sudah diatur oleh para ustadzah.
berikut foto sebelum mereka naik panggung, perlu ditata dulu nih
karena ini panggung punya dua tangga, jadinya mereka naik dari tangga yang berbeda.
ini yang baris paling belakang.. kasian mereka sering gk keliatan hehe
ini yang baris ke dua
 ini baris paling depan. mereka maju dengan dipanggil nama, nama ayah, dan prestasi apa yang telah diraih. gak lama, datanglah nasyid dan mereka bernyanyi bersama lagu doa rabithah
disaat bernyanyi, ada beberapa kata yang salah sebut dari tim nasyid. ini akibat gak gladibersih bersama sebelumnya. jadi tahun depan harus berlatih bersama. anak-anak disuru duduk bersila. untuk muraja'ah salah satu surah bersama. untung panggungnya berkarpet, jadi masih pantas. setelah muraja'ah bersama, wali murid diminta untuk maju memberi pertanyaan surat agar anak-anak melanjutkan ayat yang mereka hafal.
[penanya 1: bunda sahal; penanya 2: bunda firman]
setelah itu, anak-anak diminta kembali ke tempat duduknya untuk dibagikan makanan. selagi makan, tim nasyid kembali naik dan tampil dengan lagu pilihan mereka.
nah.. puncak acara inilah yang ditunggu2. pentas seni dari kelas PG dan TK A.
 [percakapan bahasa indo: faza, fatma, gadis, nayla]
dimulai dengan tampilan percakapan dari kelas A sekolah cabang satu
[arab: ahmad, dzaki, ressya, sachi][inggris: ibra, rafa, iqbal, karan]
dibagi 3 kelompok dengan bahasa yang berbeda. ada indo, arab, inggris. terakhirnya mereka menari sederhana dengan lagu "taman kanak-kanak". di sini ada kejadian yaitu saat kelompok arab baru nyapa "Assalamualaikum" ternyata mereka lupa kata2 selanjutnya. semua penonton akhirnya tepuk tangan meriah memberi semangat pada mereka. untung mereka gak down dan tetap melanjutkan dengan lancar setelah diberi kode gurunya dari jauh hehehe..
[tomi dan azam paling depan nih]
 nih.. selanjutnya adek PG dari sekolah cabang satu. dengan lagu "barakallah"
 [baris depan: jihan, tahesi, bening, afika, kaysan, aish, aqila, syakira, kalila, gadiza, tomi]
ada satu murid di pojok tuh gak pakai seragam karena dia sakit dan maksa ingin tampil hehehe
[baris belakang: azzam, khansa, kinar, baim, ...., sirin, izzah, sandra, galuh]
 nih aku kasi gambar anak paling imut tuh..
[dpn: azka, aan, afika, dzahir, moza]
selanjutnya dari kelas PG sekolah cabang dua. dengan lagu "Maulaya"
[belakang: azkiyah, khafso, faris, lala, kanaya]
tuh anak yang biasanya aktif  di sekolah diletakkan di belakang. justru yang biasanya kalem dan nangisan sekarang jadi hebat dan diletakkan di depan hehehe
[baris depan: elo, fabian, khisswa, rara berliana, atiqah, kayla, dea, nara]
nah yang ini persembahan dari anak kelasku sendiri, TK A sekolah cabang satu. dengan lagu Habibi Ya Muhammad. sempat ganti lagu 2 kali gara2 gerakan yang gak pas, ini lagu yang ketiga.

[baris belakang: amira, tashya, rara, aisyah, adel, avril, zee]
 kenapa gak sewarna? krn stoknya gk ada. akhirnya sama penyewa baju diseling dengan warna mrah muda.
[baris depan: yusuf, iyan, haitsam, hafidz, alfi, saddan, yudis, saka, firman]
lucu banget yah mereka, ini tampilah TK A sekolah cabang 2. mereka nyanyi lagu "Alhamdulillah"
[baris belakang: dimas, izan, eza rafa, dzaki,...,.... sisanya gk keliatan]
tuh.. sayangnya gk disiapin mic berdiri. jadinya beberapa ada yang pegang mic dan gak bisa ikut bergerak.
[baris depan: vian, asep, nendra, dzakky, afif, ahza]
ini kelompok udah aktif kesana kemari, tampilnya agak akhir jg. jadi bikin kerepotan nyari mereka. dari TK A sekolah cabang satu dengan lagu "Kun Anta"
[baris belakang: abhi, haikal, praba, alfaro, nando, haidar, raka]
 yang pas latihan gk mau gerak, hari itu mau gerak karena di syuting. bahkan tampilnya lebih rapi dari biasanya.. hehehe
 ini dari kelas TK A sekolah cabang dua yang menandai akhirnya semua pentas. mereka menarikan lagu daerah "ayam den lapeh" lucu sih..
 [depan: bella, hanun; belakang: oliv, fifin]
 kenapa sedikit? karena murid perempuan TK A aslinya cuman 5. gak ikut 1 anak karena sakit
setelah tampil, semua anak TK A dan PG dibagikan makanan dan minuman. mereka diminta untuk kembali duduk bersama orang tua mereka. lalu kakak TK B diminta kembali ke atas panggung.
 di atas panggung sebenernya masih banyak foto, tapi pada kabur semua gambarnya. lah mereka banyak banget geraknya.. apa karena hari mulai siang??
[adhim yg ndut itu lucu banget kan?]
 mereka menyanyikan lagu syukur dengan semangat.
[baca puisi: akmal, mizel, shela, amel]
 gak lama, suara mereka meredam menyisakan dentingan instrumen. 4 anak maju untuk membacakan puisi. entah mereka kenapa gk bawa teks ya? apa sudah hafal?? lalu siapakah dua anak yg tidak memakai toga?
[tuh foto safira imut bgt pas menguap. dia muridku si cantik nan tomboi hehehe]
 itu adalah ahmad dan fatma yang mewakili TK A untuk baca puisi untuk ustadzah.. isinya bener2 amazing! anak-anak dibagikan kado kecil2 sebanyak jumlah guru. mereka diminta turun panggung untuk memberikan kado tsb ke para ustadzah. aku kebetulan dapat dari aurel b2 hehehe
 setelah dapat kado, anak2 kembali kebarisan. dan para ustazah juga naik ke atas. kami sama2 menyanyikan sebuah lagu. sampai sekarang aku gk faham lagu apa itu. lagu habis, anak2 diminta turun panggung dan menjemput orang tua masing-masing untuk diajak naik ke atas panggung dan bersalam-salaman. setelah para wali murid habis, giliran para uztadzah yang saling salaman. dan momen ini yang bikin semua menangis mengharu biru.. huhuhu
setelah pulang semua, kami sempatkan foto bersama. baik di panggung dan di tmpat makan, sama-sama gurunya kurang lengkap.. yahh nasib guru kebanyakan jadi mesti ada yang kelupaan


semoga sekolah kami makin maju dan muridnya makin maju hingga dewasa nanti! amin
Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar