13 April 2016

Catatan Hati Seorang Guru: LKA yg Salah

Assalamualaikum...

pagi yang segar jangan sampai dilewatkan dengan tenang dibalik selimut. mari kita membuka lembar kemarin untuk dikoreksi bersama.

kejadian ini terjadi kemarin sewaktu Jurnal.

seperti biasa salah satu guru meminta saya mengeluarkan ide untuk mebuat LKA jurnal untuk satu hari (kalau gk rabu yaa kamis). nah saya musti menunjukkan contohnya untuk dapat acc, kalau dapat persetujuan baru bisa buat.


nah kebetulan minggu ini, saya udah ngerampungin RKH. jadi saya tahu betul apa yang tertulis. di sana ada poin indikator "mengurutkan pola gambar dari tv, hp, tv, hp, dst"
tapi sama guru utama langsung disetujui dan dioret2kan di kertas. beliau mengganti polanya dengan geometri segitiga, lingkaran, persegi. 

beliau membuatnya menjadi 3 baris. satu barisnya dibuat pengulangan 3x. jadi total ada 9 bentuk untuk satu baris. tapi kenyataannya saat diterangkan ke anak-anak. yang ada mereka bingung.

sudah punya pikiran bakal gk lancar, dan ternyata beneran. waktu mengerjakan, mereka ribut sendiri2. saling memanggil nama guru untuk segera membantunya mengerjakan agar cepat selesai dan cepat istirahat.

saya bener2 merasa bersalah karena udah memberi mereka soal yang sulit.


 


seharusnya pola yang khusus anak TK A adalah melanjutkan dua pola, bukan tiga pola yang membingungkan itu. 
lagi pula kenyataan yang saya lihat, masih banyak anak yang gak bisa gambar dengan baik pola segitiga yg utuh lancip. tapi ada beberapa anak yang sanggup mengerjakan sendiri, sebagian kecil aja.

untuk pengenalan geometri, mereka sudah bisa. namun untuk menggambar kembali mungkin masih kesulitan bagi mereka. apa ini bisa jadi bahan penelitian PTK?? hehehe

semoga kedepannya, aku harus lebih memperhatikan kemampuan anak. supaya bisa mengukur dan membuat LKA dengan benar. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar