10 September 2015

Catatan Hati Seorang Guru: Perhatian

Annyeonghaseooo....

judul ini meluncur saat suatu hari ada ibu salah satu murid menanyakan sesuatu saat menjemput anaknya. 'uz, tadi anak saya bisa apa aja?'

ding...dong....

hello... ini pertanyaan menjebak! bisa dibayangkan, anak TK gak bisa kita nilai lewat soal tes atau hasil pekerjaan rumahnya. kita cuma bisa melihat perkembangan yang terlihat kasat mata.

karena kemampuan anak itu bisa berubah-ubah sesuai moodnya dia. apalagi kalau menurut kaca mata guru terlihat sedikit, namun belum tentu bisa terlihat pada mamanya saat di rumah.


apalagi kebanyakan mama melihat kemampuan anak hanya lewat kognitifnya aja (calistung), padahal perkembangan anak itu macam-macam gak hanya itu. jika ada pertanyaan seperti itu, pasti kita mikir lagi 'kegiatan apa yang dilalui si anak dari tadi pagi hari hingga siang?

yang terlintas saya sebutkan waktu itu, hingga pertanyaan selanjutnya 'bagaimana kalau hubungan dengan temannya?' ini ni yang perlu dipikir lagi. emang sih ini masuk perkembangan sosial, apalagi anak ini termasuk murid pindahan saat pertengahan kelompok A tahun kemarin (sekarang udah TK B). tapi bayangin aja, masa kita harus pantau segala percakapan dia dengan teman-temannya selama di kelas, saat istirahat juga?

pertanyaan-pertanyaan di atas tadi bikin saya makin getol memperhatikan kondisi sekitar. setiap gerakan anak, pembicaran yang ia ucap, bahkan sampai pada mimik wajahnya. karena setiap mimik wajah tersirah kondisi hatinya. apakah lagi senang atau sebaliknya?

dan satu kunci jadi guru TK yang baik adalah PERHATIAN.

terinspirasi: amel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar