30 Mei 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Kepanjangan dari RPP

Assalamualaikum...

suatu pagi, salah satu guru minta bantuan saya untuk mengerjakan RPP. bagi para guru di tingkat manapun pasti tau istilah itu kan? iyaa... dulu waktu kuliah, sering bgt ngerjain RKH dan RPP. klo lagi ngenes biasanya disuru buat RKM sekalian.

nah ternyata sekolah saya sedang diikutkan lomba membuat RPP dengan tema karakter jujur. entah itu lomba setingkat apa. kemudian guru itu minta bimbingannya dengan oret-oret kasar di atas kertas putih. hingga selesai, saya akhirnya lanjut ngajar lagi.

eh gk taunya, sebelum pulang guru itu tanya "kepanjangan dari RPP itu apa?"



diieeenngg... entah karena saya lama gak buka buku, atau karena gugup ditunggu jawaban spontan gitu. akhirnya saya salah jawab. bahkan saya akting pura2 lupa. hellooo.. kamu umur berapa udah pikun!

saya cuman bisa jawab singkatan R di awal yaitu "rencana" dan P paling akhir yaitu "pembelajaran", otak saya bener2 buntu istilah yang di tengah itu. haduuhhh... bener2 malu2in aja.

jujur aja, selama kuliah istilah itu emang paling males aku sebut2, selama belajar dulu selalu asal nyebut RPP tanpa tau kepanjangannya. kecuali pas lagi ngetik tugas RPP. karena gak seluruh matkul butuh RPP.

RPP itu njlimet dan butuh rincian kegiatan lebih detail. sedangkan RKH cuman point2 penting yang tertulis kegiatan dalam sehari. ini yang bikin semua mengenal RKH dan melupakan RPP.

ini juga jadi sentilan bagiku agar lebih belajar banyak lagi, mengingat yang sudah diajarkan dulu, dan mengamalkan ilmu yang aku punya sekarang. Ganbatte!

Wassalamualaikum..

ingat!
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar