21 Mei 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Tali Asih

Assalamualaikummm...

Alhamdulillah.. saya bersyukur sekali bisa diberi kesempatan menjadi guru :). gak kerasa hampir setahun [3 bulan di global 2 dan 7 bulan di global 1 ]. dan setiap akhir tahun ajaran, diadakan "tali asih" [sebenarnya tahun ini pertama bagi saya hehehe]. 

apa itu tali asih? tali asih adalah pertemuan antara wali kelas dengan wali murid dipenghujung tahun. kalau postingan saya sebelumnya berjudul "perpisahan wali murid" adalah dari pihak wali murid TK B, nah kalau "tali asih" dari pihak wali murid TK A.

karena di sekolah ini TK A ada dua kelas A1 dan A2, entah kenapa saya diundang di acara keduanya. beruntung sekali, padahal saya hanya guru pendamping di TK A1.


tali asih diadakan sederhana, adanya pembukaan dari mc. dilanjut perwakilan dari wali murid, perwakilan dari ustazah, dan terakhir doa dipimpin uztazah. jadi kalau ingin jadi wali murid, harus siap-siap bisa ngomong di depan wali murid dan mimpin doa di depan wali murid juga.

isi pidatonya sederhana, hanya terima kasih karena sudah mengundang. maaf karena kita hanya manusia biasa yang punya salah. maaf kalau belum sempurna dalam mendidik anak-anak. refres ulang perkembangan anak didik dari awal tahun hingga akhir tahun, sebutkan perubahan baiknya. terima kasih juga terhadapan org tua yang mendukung perkembangan anak selama di rumah. krn berkat dukungan dari rumah dan sekolah, anak bisa berkembang. 
 
setelah sambutan dan ditutup doa, acara berlanjut ke penyerahan hadiah dari anak-anak lalu salim-salim berputar kemudian lanjut salim-salim sama bunda-bundanya foto bersama anak, foto juga bergantian bersama bunda-bunda juga. lalu ramah tamah alias makan-makan.

ohiya! kalau di TK B saya dapat cupika cupiki hanya beberapa. di TK A2 saya juga dapat cupika-cupiki hanya 3 orang saja, namun di TK A1 hampir semua mama cupika cupiki! daebak! entah cupika cupiki yang sangat biasa rasanya bisa mengakrabkan orang-orang asing. bahkan pas cupika cupiki, ada satu wali murid yang berkata pada saya kalau anaknya suka sekali sama saya dan selalu cerita tentang saya di rumah ahahah.. jadi makin berbunga-bunga saya!

dari semua pertemuan, selalu saya dapat bingkisan spesial dari tiap kelas. mau tau? di TK B, isinya agak banyak. mungkin karena sudah terakhir kali yaa... isinya satu jubah panjang merah+kerudung paris corak biru merah+dompet tas hijau. kalau TK A2 saya dapat kerudung paris motif ungu+tas jalan sulam ungu. dan TK A1 saya dapat mukena putih motif bunga pink. Jzk semoga bermanfaat bagi saya :)

diakhir acara, karena anak-anak main sampai ke jalan. ada satu insiden jatuh karena berlarian[ibra]. entah mereka main apa sampai jatuh gitu dan mengakibatkan luka di wajahnya. itupun anaknya yang jatuh gak nangis sama sekali. saya jadi merasa bersalah karena tak bisa ikut mengawasi  :(

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar