14 Mei 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Perpisahan Wali Murid

Assalamualaikum...

Menjelang akhir tahun ajaran, maka mendekat juga hari perpisahan sekolah. kalau anak didik kami punya "Hari Wisuda", maka untuk para wali muridnya punya "perpisahan" sendiri bersama para guru/ustadzah.

bedanya, kalau wisuda ditampilkan secara resmi dan megah. kalau perpisahan wali murid ini dikemas secara sederhana dan kekeluargaan. kegiatan ini juga butuh dukungan penuh dari POMS [Persatuan Orang tua Murid]. karena, tanpa adanya perkumpulan maka acara ini tak akan tercetus.

karena saya guru baru, jadi ini pertama kalinya bagi saya. mendengar penuturan guru lama, acara ini sudah jadi tradisi tiap tahun. biasanya dilaksanakan sehari setelah wisuda. namun tahun ini maju hingga 2 minggu sebelum wisuda. saking menghormatinya para wali murid, semua guru secara resmi diundang melalui surat undangan. di dalam surat diberitahu tempat dan waktu acara. bahkan ada tambahan catatan untuk membaca kado senilai 15rb untuk acara tukar kado. kado diminta bungkus hanya dengan kertas koran.


asal kalian tau, tempat yang digunakan acara ini sama dengan tempat acara kegiatan mendongeng kemarin. jadi acara dimulai pagi pukul 7. padahal saya sudah merasa molor 15 menitan, ternyata sampai sana gurunya satupun belum ada yang datang. memang sih acara ini bukan guru-guru yang jadi panitia, melainkan para wali TK B. tapi seenggaknya guru-guru harusnya menunjukkan kedisiplinannya di depan wali murid.

karena gak mungkin saya tunggu guru lain di parkiran, maka saya nekat aja masuk dengan sok akrabin diri hehehe.. di depan pintu ada registrasi dan tempat mengumpulkan kado yang dibawa. setelah kumpul kado, kita dapat kertas kupon untuk makan siang, nmr souvenir, nmr tukar kado. kebetulan aku dapat nmr 16 [sama kaya' nmr belakang hp guwe hehehe]

acara dibuka dengan pembacaan, sambutan kepsek dan perwakilan wali murid TK B. lalu ada pembagian doorprize sesuai nomor kupon tadi. lalu dilanjut dengan pertukaran kado. yang nuker bukan kita sendiri, melainkan dari pihak panitia. kebetulan yang dipanggil duluan adalah nomorku. gitu semua pada bersorak wah wah...karena aku dapat duluan. panitia bicara di mic kalau aku emang datang duluan tadi [belain saya ceritanya hehe]. 

setelah bawa kado masing-masing, acara dilanjut dengan kuis untuk para wali. ini soal seputar sekolah, mulai dari hadits/doa yang dipelajari anaknya, nama teman sekelas anaknya, nama lengkap wali murid anaknya,  nama semua guru yang jumlahnya 12, sampai nama pengurus POMS jg ikutan. setiap yang bisa jawab, dapat hadiah lebih dari panitia.

setelah puas dapat hadiah banyak, maka diminta membuka kado hasil tekuran tadi secara bersama-sama. kemudian ada sesi foto bersama dan bersalam-salam khas orang lebaran hehehe. bagi yang merasa akrab pasti cupika cupiki. karena saya baru, tadi saya cuman dapat cupika cupiki 5 wali murid dari total 51 anak keseluruhan. 

emang rejeki gak kemana, ternyata sebelum pulang, kami para guru membawa 3 macam makanan berbeda. satu nasi kotak lengkap, satu kotak dari toko ayam, dan satu bungkus ikan laut matang siap makan. ditambah lagi satu paket hadiah khusus untuk para guru yang pas saya buka dirumah berisi satu paket lengkap baju, kerudung, tas jalan. Alhamdulillah..

semoga saya tetap luruskan niat dan selalu ikhlas mengajar. Semangat! Fighting! :)

Waalaikumsalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar