12 Desember 2015

Catatan Hati Seorang Guru: Pengayaan

Assalamualaikum..

sudah musin UAS yaa, sama halnya dengan taman kanak-kanak. bagaimana caranya? bukankah anak-anak tak boleh diberi soal-soal tes?

setahu aku, memang anak TK gak ada yang namanya ulangan. adanya Pengayaan.
lalu gimana proses kegiatan tersebut?


pengayaan adalah proses belajar yang mengulang materi terdahulu. jadi yang diberikan pada anak bukan hal baru lagi, melainkan hal yang pernah mereka pelajari sebelumnya.

nantinya guru bisa lihat tiap perkembangan anak apakah sudah sesuai dengan TPP, ataukah masih di bawah standar? ini menentukan gurunya berhasil atau tidak dalam mengajar.

di sekolah kami, saya baru menemukan bahwa disisakan waktu seminggu di akhir masa semester untuk melakukan RABATA. 

apa itu?

ternyata rabata adalah nama buku tipis berisi kumpulan LKA yang dibuat oleh beberapa pengurus guru daerah setempat. mereka mengeluarkan tiap semester yang oleh pihak sekolah kami digunakan sebagai acuan anak sudah faham atau belum.

mereka duduk bersama meja lipat masing-masing. anak-anak diarahkan untuk duduk bershaf-shaf namun tetap berjarak antara teman kanan kirinya, ataupun teman depan belakangnya. dan setiap anak mesti diwanti-wanti untuk selalu mengingat tempat duduknya masing-masing, teman sekitarya juga harus dihafal. jadi setiap gurunya bilang RABATA, semua anak langsung duduk tertib :)

tapi kenyataannya, yang namanya anak-anak pastinya tetap minta bantuan. awal-awal memang kita tetap harus menjelaskan perintah dalam lembar tersebut. selanjutnya kita arahkan untuk menjawabnya seperti ini dan itu. selebihnya biar mereka yang menyelesaikan. 

katanya nanti buku itu selesai gak selesai tetap diserahkan kepada orang tua agar diselesaikan di rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar