01 Juli 2015

REVIEW: KINANTHI Terlahir Kembali

Annyeonghaseo...
setelah kemarin kita bedah novel terjemahan, kali ini aku pingin menghadirkan novel buatan anak negeri yang aku ambil dari koleksi pribadiku.

novel punya TASARO GK ini aku temukan, yang sebelumnya aku temukan dengan judul berbeda. yaitu novel biografi tentang Rasul Allah SWT, Muhammad SAW. aku iseng menemukan kakak angkatan yang punya buku itu, lalu membacanya sedikit. bahasanya rada enak, dan aku tertarik.

eh di tahun yang sama saat aku punya uang lebih untuk beli novel, aku menemukan judul lain. yaitu Kinanthi, mirip nama bulek aku yang tinggal di Jakarta. apalagi dengan sampul yang menggodaku, seorang laki2 yang menunggu menatap gunung dan seorang perempuan yang menunggu menatap bangunan2 tinggi. dramatis sekali bukan?

apalagi dibawah judul ada kutipan sedikit yang berbunyi begini: 'suatu saat, mencintai adalah memutar hari tanpa seseorang yang engkau sayangi. Sebab dengan atau tanpa seseorang yang engkau kasihi, hidup harus tetap dijalani'. Aaahhh... betapa sweet cinta yang digambarkan.

sama halnya dengan isinya, si lakon kinanthi dan lakon laki2 yang bernama ajuj sangat sweet banget. sebab pengorbanan keduanya yang amat2 terlihat. gimana bisa dikatakan berjuang untuk cinta anak kelas 6 SD ini? cinta yang mereka bawa dari cinta monyet kelas 6 SD akan berlanjut seiring berjalan waktu meski raga terpisah jauh.

berawal dari kelas ekonomi dan kelas sosial yang tumpang tindih, membuat banyak orang yang tak merestui 'pertemanan' mereka berdua. hingga kelulusan itu tiba, kinanthi harus bersekolah jauh di kota karena ikut orang yang mau berbaik hati menyekolahkannya. sedangkan Ajuj? telah hilang rimbanya, memilih hidup di hutan dengan mbah angkat karena menghindari dikirim bapaknya ke pondok.

hidup jauh dari keluarga, tanpa bisa komunikasi. ditambah lagi disuru2 layaknya pembantu rumah tangga tanpa gaji membuatnya tak betah dan ingin pulang ke kampungnya. tak hanya disitu derita kinanthi, saat hampir lulus dari bangku SMP. ternyata orang berbaik hati itu punya maksud lain yang tersembunyi yaitu mengirimnya ke sebuah yayasan untuk nantinya dikirim menjadi TKW di arab.

berbagai cobaan dan kepahitan hidup dia rasakan, seperti kebanyakan kasus TKW yang menyebar di setiap acara berita. selalu aja ada gangguan dari majikan. apalagi majikan tak bisa berbahasa inggris, ini membuat komunikasi dan salah paham sering mampir.

hingga kinanthi nekat kabur dari rumah dan mampir ke KBBI untuk mengadukan nasib pahitnya itu. awalnya ada seorang warga indo yang bisa membantunya, tapi naas dia ditipu oleh orang lain. sehingga dia diculik dan dikirim ke Amerika.

tak beda jauh dari Arab, di amerika juga dijadikan TKW. tapi naas, tuan majikan keluarga di amerika lebih kejam dari di arab. bahkan kinanthi diperdaya oleh anak-anak majikan yang masih SD. hingga suatu ketika dia berniat kabur lagi, dan mampirlah kinanthi di sebuah masjid dan berkenalan dengan seorang wanita cantik dan baik hati seperti bidadari.

bidadari inilah yang membantu kinanthi keluar dari jeratan ketidakadilan selama menjadi pembantu di amerika. apalagi kinanthi masih terhitung anak dibawah umur. hingga pengadilan amerika memberikan hak bersekolah hingga perguruan tinggi dan memiliki orang tua asuh selama di amerika.

disinilah kinanthi terlahir kembali dan menambahkan nama belakangnya, menjadi Kinanthi Hope.

sedih, mengharukan, kesel, marah, jadi satu deh kalo baca ini. seperti kebanyakan novel anak pedalaman, pasti ada cinta yang dibawa sampai dewasa. sama dengan novel ini. ingin tahu bagaimana khinanti bisa bertemu kembali dengan Ajuj? apakah mereka akan bersama? baca lebih lanjut novelnya. bye bye :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar