22 Januari 2016

Catatan Hati Seorang Guru: Kartu Huruf

Assalamualaikumm...

satu semester sudah terlewati, di semester genap ini akan jadi ajang penuh tenaga agar segala aspek perkembangan anak yang harus dicapai terpenuhi semua. termasuk mengenal huruf dan angka. kalau angka mah gampang untuk TK A hanya 1-10. dan TK B 1-20. lalu bagaimana mengenal huruf alfabet?

berhubung saya memegang kelas A, jadi serba tuntutan, kita gak boleh memaksa anak tapi di TK B nantinya mereka akan dituntut bisa baca dan nulis sedikit. lalu kami harus bagaimana?

setiap hari, kami ada sesi membaca satu halaman untuk tiap anak. di buku itu sudah terurut huruf dari B-Z yang ketambahan vocal A. jika sudah sampai Z maka berpindah ke vocal U, begitu seterusnya hingga O.

meski sudah ada beberapa anak lancar baca buku cerita, namun ada juga yang masih butuh pengulangan paling rendah di huruf H. terpaksa saya memutar otak dan tercetuslah membuat ini.
membuat kartu huruf dengan gambar yang sesuai. ini aku desain sendiri dengan model nyari gambar dari internet juga. tinggal diprint dan laminating, jadi deh

Ayam

baju
cangkul

daun

elang

fanta

galon

haji

ikan

jajan

kambing

labu

macan

nanas

Obat

palu

qari'

radio

sapu

tas

Ular

vampir

wajan

xapo

yakult

Za

ada beberapa huruf yang menyinggung merk produk tertentu, tapi jujur saja memang tak ada perumpamaan lain yang berawalan dengan huruf vocal 'a' di tiap katanya. lagi pula, merk-merk ini sering kita jumpai kok dikalangan anak-anak. khusus yang huruf "X" itu buntu banget, kali aja para pembaca bisa ngusulin kata benda yang tepat untuk awalan 'XA'. 

selamat mencoba :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar